PERUSAHAAN
MULTINASIONAL GERMAN
Bayerische Motoren Werke AG
Jenis (FWB: BMW)
Industri Otomotif
Didirikan 1916 Pendiri Franz Josef Popp Kantor pusat München, Jerman
Daerah layanan Seluruh dunia Tokoh penting Norbert Reithofer (CEO), Joachim Milberg (Chairman of the supervisory board)
Produk Mobil, Sepeda, Sepeda
Motor Pendapatan €60.48
milyar (2010)[1]
Laba usaha
€5.094 milyar (2010)[1] Laba €3.218 milyar (2010)[1] Jumlah aset €108.87 milyar (akhir
2010)[1]
Jumlah ekuitas €23.10
milyar (akhir 2010)[1]
Karyawan 95,450 (akhir 2010)[1] Anak
perusahaan Rolls-Royce Motor Cars
BMW Motorrad
Husqvarna
MINI
BMW Motorrad
Husqvarna
MINI
SEJARAH
PERUSAHAAN
BMW
mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin
pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun
1917. Akhir dari Perang Dunia I tahun 1918, BMW dipaksa untuk
berhenti memproduksi mesin pesawat terbang karena adanya Perjanjian Versailles.[2] Perusahaan
ini beralih untuk memproduksi sepeda
motor tahun 1923 setelah perjanjian itu mulai dilonggarkan,[3] dan mulai
memproduksi mobil tahun 1928/29.[4][5][6]
Tahun 1992,
BMW mengakuisisi perusahaan studio desain industri di California DesignworksUSA, dan
mengakuisisi penuh tahun 1995. Tahun 1994, BMW membeli perusahaan otomotif
Inggris Grup Rover[7] (dimana pada
saat itu ada merek Rover, Land Rover
dan MG dan
juga hak atas merek yang sudah tidak lagi diproduksi yaitu Austin dan Morris) dan
memilikinya selama 6 tahun. Tahun 2000, Rover mengalami kerugian besar dan BMW
pun menjualnya. Merek MG dan Rover dijual ke Phoenix Consortium untuk membentuk
MG Rover, sedangkan Land Rover
diambil alih Ford. BMW akhirnya mendirikan merek sendiri yang
ia namai MINI, yang
diluncurkan tahun 2001.
PRODUKSI PERUSAHAAN
Pada tahun 2006, Grup BMW
(termasuk Mini dan Rolls-Royce) memproduksi 1.366.838 unit mobil yang
diproduksi di 5 negara.[8] Tahun 2010,
meningkat menjadi 1.481.253 unit mobil dan 112.271 unit motor (dengan merek BMW
dan Husqvarna brands).[1]Mobil-mobil yang diproduksi oleh BMW 56% merupakan mobil bensin dan 44 % sisanya mobil diesel. Dari mobil-mobil bensin itu, 27% memakai mesin 4 silinder dan 9% memakai mesin 8 silinder. [9]
Produksi per tahun
Year
|
BMW
|
MINI
|
Rolls-Royce
|
Sepeda
motor
|
2005
|
1.122.308
|
200.119
|
692
|
92.012
|
2006
|
1.179.317
|
186.674
|
847
|
103.759
|
2007
|
1.302.774
|
237.700
|
1,029
|
104,396
|
2008
|
1.203.482
|
235.019
|
1.417
|
104.220
|
2009
|
1.043.829
|
213.670
|
918
|
82.631
|
2010[1]
|
1.236.989
|
241.043
|
3.221
|
99.236
|
Negara
|
Memproduksi
|
2006
|
2008
|
Model
|
Jerman
|
BMW
|
905.057
|
901.898
|
Lainnya
|
Meksiko
|
BMW
|
1.500
|
100.000[10]
|
BMW X3, X5, 3, 5, 7-series
|
Rusia
|
BMW
|
1.500
|
2.000
|
BMW X5, X6, 5-series
|
Britania Raya
|
187.454
|
235.019
|
Semua model MINI
|
|
67
|
1.417
|
Semua model Rolls-Royce
|
||
Austria
|
BMW
|
114.306
|
82.863
|
BMW X3
|
AS
|
BMW
|
105.172
|
170.741
|
BMW X5, X6
|
Afrika Selatan
|
BMW
|
54.782
|
47.980
|
BMW 3-Series
|
Total
|
1.366.838
|
1.439.918
|
Penjualan global
Penjualan total di seluruh dunia berdasarkan laporan tahunan BMW.
Year
|
BMW
|
MINI
|
Rolls-Royce
|
Sepeda
motor
|
2000
|
822.181
|
|||
2001
|
880.677
|
|||
2002
|
913.225
|
|||
2003
|
928.151
|
|||
2004
|
1.023.583
|
|||
2005
|
1.126.768
|
200.428
|
796
|
97.474
|
2006
|
1.185.088
|
188.077
|
805
|
100.064
|
2007
|
1.276.793
|
222.875
|
1.010
|
102.467
|
2008
|
1.202.239
|
232.425
|
1.212
|
101.685
|
2009
|
1.068.770
|
216.538
|
1.002
|
87.306
|
2010
|
1.224.280
|
234.175
|
2.711
|
98.047
|
MobiL
Seri 1 yang diluncurkan tahun 2004 adalah mobil BMW yang paling kecil, tersedia dalam 2 model yaitu koupe/konvertibel (E82/E88) dan hatchback (E81/E87). Seri 3 masuk dalam mobil kompak eksekutif, mulai diproduksi tahun 1975, sekarang memasuki generasi kelima dari (BMW E90); model-model yang tersedia antara lain sedan sport (E90), station wagon (E91), koupe (E92), dan konvertibel (E93). Seri 5 adalah sedan eksekutif mid-size, tersedia dalam versi sedan (E60) dan station wagon (E61). Seri 5 Gran Turismo (F07) yang dimulai mulai tahun 2010, akan mengisi segmen di antara mobil kelas station wagon dan crossover SUV.[12]Jajaran mobil teratas BMW adalah sedan full-size eksekutif Seri 7. BMW juga banyak memperkenalkan teknologi barunya di BMW Seri 7 ini, seperti sistem iDrive.Seri 7 Hidrogen juga termasuk dalam salah satu mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia, emisinya hanya berupa uap air. Ada juga Seri 6 adalah mobil mewah kelas grand touring. Mobil roadster dan coupe 2 pintu Z4 (E85) sudah dijual sejak tahun 2002.
X3 (E83), mobil crossover SUV pertama BMW, memulai debutnya pada tahun 2003 dan menggunakan platform Seri 3 E46/16. Menggunakan sistem penggerak 4 roda BMW yang mereka namakan BMW's xDrive all-wheel drive. SUV lainnya, X5 (E70), dijual sejak tahun 2000. X6 dijual mulai Desember 2007 dan X1 mulai dijual tahun 2009.
- Seri 1(E81) (2004–sekarang) Hatchback, koupe, dan konvertibel
- Seri 3 (E90) (2005–sekarang) Sedan, koupe, konvertibel, dan wagon
- Seri 5 (F10) (2010–sekarang) Sedan dan Wagon
- Seri 5 Gran Turismo (2009–sekarang) Progressive Activity Sedan
- Seri 6 (E63) (2003–sekarang) Koupe dan konvertibel
- Seri 7 (F01) (2008–sekarang) Sedan
- X1 (2009–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
- X3 (F25) (2010–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
- X5 (E70) (2006–sekarang) Compact Crossover SUV/Sports Activity Vehicle (SAV)
- X6 (2008–sekarang) Sports Activity Coupe
- Z4 (E89) (2009–sekarang) Sports Roadster
BMW M
Artikel utama untuk bagian ini adalah: BMW
BMW M3 Coupé (E92)
Berasal dari BMW seri 3, BMW M3 masuk ke dalam kelas baru dalam
jajaran mobil BMW: mobil produksi siap balap. Sejak kemunculannya, BMW M3
mendapatkan antusiasme yang lumayan baik, terutama karena mesinnya yang banyak
memenangkan penghargaan.Kejuaraan
Formula Satu
Artikel utama untuk bagian ini adalah: BMW di Formula Satu
Logo tim F1 BMW Sauber.
BMW masuk sebagai konstruktor Formula Satu pertama kali
pada tahun 2006.
BMW mempunyai sejarah sukses
di Formula
Satu. Mobil yang menggunakan mesin BMW telah memenangi 20 perlombaan.Tahun
2006, BMW mengambil alih tim Sauber dan menjadi konstruktor Formula Satu. Pada tahun 2007
dan 2008, tim ini menikmati beberapa kemenangan. Kemenangan terakhir yang
diperoleh tim ini adalah di Grand
Prix Kanada, tanggal 8 Juni 2008 dengan pengendara Robert
Kubica. Beberapa pencapaian yang diraih antara lain:- Pemenang pembalap: 1 (1983)
- Pemenang konstruktor: 0 (Runner-up tahun 2002, 2003, 2007)
- Kemenangan Grand Prix: 20
- Finish di podium: 76
- Posisi Pole: 33
- Waktu tercepat 1 lap: 33
Bulan Juli 2009, BMW mengumumkan kalau mereka akan keluar dari kompetisi Formula Satu setelah berakhirnya musim 2009.[13] Tim ini kembali dijual ke pemilik sebelumnya Peter Sauber, dan nama BMW Sauber berubah menjadi "Sauber" saja.
Penamaan mobil-mobil BMW
Kendaraan BMW dinamai dengan sistem penamaan tertentu, biasanya 3 digit angka yang diikuti oleh 1 atau 2 huruf. Angka pertama adalah nomor seri mobil, 2 angka berikutnya biasanya melambangkan besarnya kapasitas mesin dalam cc yang dibagi 100.[14] Meski begitu, mobil BMW yang keluar belakangan ini menggunakan 2 nomor belakang sebagai indeks performa, misalnya seri 116i, 118i dan 120i (semua mobil ini memakai mesin bensin 2.0L), seperti 325d dan 330d (keduanya bermesin 3.0L diesel) yang menggunakan blok mesin sama tapi keluaran tenaganya berbeda karena adanya setup dan turbocharger.Sistem penamaan ini dapat digunakan secara kombinasi. Kode yang biasa diberikan antara lain:
- A = transmisi otomatis
- C = coupé, terakhir digunakan di BMW E46 dan BMW E63 (tidak digunakan setelah 2005)
- c = cabriolet
- d = diesel†
- e = eta (bahan bakar efisien, dari huruf Yunani 'η')
- g = compressed natural gas/CNG
- h = hidrogen
- i = injeksi
- L = sumbu roda panjang
- s = sport, juga berarti "2 dr" di model E36††
- sDrive = penggerak roda belakang
- T = touring (wagon/estate)
- Ti = hatchback untuk BMW Seri 3 hatchback
Tidak ada komentar:
Posting Komentar